Tips buat Kamu yang Mau Ganti Haluan ke Bisnis Online

Tips buat Kamu yang Mau Ganti Haluan ke Bisnis Online – Tren berwirausaha di masa pandemik COVID-19 mau tidak mau berubah dan mengandalkan dukungan teknologi. Berbagai riset membuktikan teknologi digital membantu UMKM berkembang terutama dalam hal pemasaran.

Melansir dari https://honolulucleancities.org/Digital & Growth Consultant, Jonathan End kunci sukses bagi para pelaku UMKM agar bisa bertahan di tengah pandemik adalah kemampuan merespons perubahan tren. Di masa pembatasan aktivitas karena alasan keselamatan dan kesehatan seperti saat ini, masyarakat mengganti kebiasaan berbelanja dari offline ke online.

black cornered minimalist photographer business card 5e95528597159407d3721ca2 - Tips buat Kamu yang Mau Ganti Haluan ke Bisnis Online

Apa saja yang perlu kamu perhatikan agar sukses mengembangkan usaha kamu via online?

1. Kenali tantangan yang akan kamu hadapi sekarang

Jonathan mengatakan pelaku UMKM juga perlu mengetahui berbagai tantangan dalam menjalankan bisnis secara online. Ini penting, Agar kamu bisa segera mencari jalan keluarnya dan maju terus mengembangkan usahamu.

Bagi usaha mikro, tantangan yang dihadapi biasanya terkait ketidaksiapan sumber daya manusia (SDM). Misalnya, kurangnya pengetahuan dan cara mengoperasikan teknologi baru. Kamu bisa mengatasinya melalui pelatihan-pelatihan tentang pemanfaatan digital platform untuk berbisnis.

2. Jangan kalah cepat dalam beradaptasi dan berinovasi

Salah satu yang musti cepat di lakukan adalah beradaptasi dengan situasi ini dengan mengembangkan inovasi.

“Daya kreativitas yang terus diasah sangat penting agar dapat beradaptasi dan melakukan berbagai inovasi dalam menghadapi persaingan di bisnis online,” imbuh-nya.

3. Harus percaya diri untuk bisa beradaptasi

Di kutip dari http://aeacap.org Senada dengannya, Product Marketing Manager Google Indonesia Dora Songco menilai para pelaku UMKM juga perlu melakukan adaptasi dan inovasi dengan cepat. Dengan cara tersebut, para pelaku usaha kecil ini di yakini mampu mengubah bisnisnya dengan baik.

Namun menurutnya, Hal yang bisa menghambat seseorang dalam beradaptasi itu ialah rasa percaya diri. Sebuah riset Google menunjukkan bahwa pelaku usaha terutama perempuan, masih kurang percaya diri untuk menggunakan akun di platform digital untuk berjualan.

4. Ikuti pelatihan

Dora menjelaskan, melalui program Women Will, sebuah inisiatif Grow with Google yang berfokus pada program digital untuk pemberdayaan ekonomi perempuan di seluruh dunia, pihaknya ingin menciptakan peluang ekonomi bagi perempuan di seluruh dunia.