Penggugat Harta Warisan Pendiri Sinar Mas

Penggugat Harta Warisan Pendiri Sinar Mas

Penggugat Harta Warisan Pendiri Sinar Mas

Penggugat Harta Warisan Pendiri Sinar Mas – Nama Freddy Widjaja mencuat sejak ia menggugat harta warisan mendiang sang ayah, konglomerat pendiri Sinar Mas Group, Eka Tjipta Widjaja. Freddy menggugat harta warisan dari berbagai gurita bisnis rintisan sang ayah yang nilainya mencapai lebih dari Rp600 triliun.

Harta warisan yang digugat berasal dari PT Sinar Mas Agro Resources and Technology Tbk atau SMART, Sinar Mas Land, PT Bank Sinar Mas Tbk, PT Indah Kiat Pulp & Paper Tbk, hingga PT Pabrik Kertas Tjiwi Kimia Tbk.

Seperti apa sosok Freddy Widjaja? Berikut ini adalah lima fakta tentang putra Eka Tjipta tersebut:

1. Salah satu pengusaha di Jakarta

Berdasarkan putusan Makhamah Agung Nomor 36/Pdt.P/2020/PN Jkt.Pst, Freddy disebut sebagai seorang pengusaha joker123 yang tinggal di kawasan Gondangdia, Menteng, Jakarta. Namun dalam putusan tersebut tidak disebutkan secara rinci tentang usahanya yang dijalankannya.

2. Anak di luar pernikahan Eka Tjipta

Masih dalam putusun MA tersebut, Freddy disebut anak di luar pernikahan antara ibunya Lidia Herawati Rusli dengan Eka Tjipta. Pasangan tersebut menikah pada Selasa, 3 Oktober 1967.

Putusan itu juga mencantumkan akta kelahiran Freddy yang bernomor 2371/DP/1968 tanggal 30 Oktober 1968.

3. Anak pertama dari 3 bersaudara

Freddy merupakan anak pertama dari tiga bersaudara hasil hubungan Eka dan Lidia. Ia memiliki saudara bernama Robbin Widjaja dan Sindy Widjaja.

“Bahwa Pemohon adalah anak pertama dari pernikahan Nyonya Lidia Herawati Rusli dengan Tuan Eka Tjipta Widjaja (almarhum) sebagaimana yang tercatat dalam Kartu Keluarga Warga Nomor: 1602.000689 yang dikeluarkan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, Jakarta Pusat,” tulis putusan MA tersebut yang dilansir Rabu.

4. Freddy tuntut status sebagai anak

Melalui putusan itu, Freddy menuntut status pengesahan anak dari ayahnya Eka Tjipta dan ibunya Lidi Herawati. Pasalnya, meski memiliki bukti akta lahir, namun pernikahan kedua orang tuanya tidak tercatat di Catatan Sipil.

Dia mengajukan pengesahan anak ke MA pada tanggal 30 Januari 2020. Permohonan itu dikabulkan Majelis Hakim MA pada Februari 2020 dengan putusan berkekuatan hukum tetap.

5. Freddy mendapat sejumlah uang dari ayahnya

Putusan tersebut juga mengungkap bahwa Eka Tjipta memberikan sejumlah hartanya berupa uang kepada Freddy sebagai bekal hidup untuk masa depan. Namun, tidak diungkap berapa besarannya.