Pemerintahan

Pemerintahan merupakan sebuah sistem resmi yang menjadi dasar dalam sebuah penyelenggaraan bernegara, mulai dari tatanan yang paling kecil hingga tatanan tertinggi yang biasanya berpusat di sebuah ibu kota. Mayoritas negara-negara saat ini menjalankan sistem pemerintah modern yang biasanya di mulai sejak era Setelah Masehi yang di lansir dari honolulucleancities.org.

Namun, jauh di masa lampau, rupanya beberapa pemerintahan sudah ada dan bahkan telah meninggalkan jejak sejarah yang luar biasa. Inilah lima pemerintahan tertua di dunia yang harus kamu ketahui, apa saja?

Pemerintahan Romawi

Ada sebuah legenda yang bersinggungan dengan mitologi rakyat Roma sejak zaman dulu. Dilansir dari bellasbreakfastlunch.com History, menurut legendanya, Roma didirikan pada 753 Sebelum Masehi oleh Romulus dan Remus. Konon, keduanya merupakan putra kembar dari Mars, dewa perang yang di percaya dalam budaya kuno Romawi. Menurut legenda pula, keduanya merupakan tokoh besar yang pernah di rawat dan di besarkan oleh serigala betina.

Sistem pemerintahan Romawi pada awalnya di pimpin oleh seorang raja atau rex (dalam bahasa Latin). Romulus menjadi raja pertama Romawi dan raja-raja setelahnya di pilih melalui jalan pemilihan oleh senat. Sistem kerajaan (monarki) di Romawi berakhir pada 509 Sebelum Masehi, di mana raja ke-7 bernama Lucius Tarquinus Superbus berhasil di gulingkan karena di anggap sebagai raja yang kejam dan memerintah dengan tirani.

Setelah penggulingan Raja Lucius, selanjutnya sistem pemerintahan Romawi berubah menjadi republik. Sistem ini di ambil dari kata res publica yang artinya properti rakyat. Selama era republik inilah Romawi menjadi sebuah negeri yang kuat dan di segani. Bahkan, militer Romawi di sebut-sebut sebagai militer terkuat di dunia pada masanya.

Sempat mengubah kembali sistem pemerintahannya menjadi kekaisaran, Romawi tetap menjadi negeri kuat hingga puncak kejayaannya sewaktu Romawi di kuasai oleh sistem Kepausan pada abad ke-1 Masehi. Pada abad ke-8, Romawi (selanjutnya disebut Roma) sudah di jadikan ibu kota dari Negara Gereja. Lalu, pada 1871, Roma resmi menjadi ibu kota Italia sampai saat ini.

Pemerintahan Tiongkok

Sejarawan meyakini bahwa pemerintahan Tiongkok kuno sebenarnya sudah ada sejak ribuan tahun Sebelum Masehi. Namun, periode sejarah yang tercatat secara resmi baru ada sejak 1.600 tahun Sebelum Masehi di masa pemerintahan Dinasti Shang, di tulis dalam China Highlights.

Jauh sebelum era Dinasti Shang, ada kekuasaan di nasti yang di perintah oleh beberapa orang kaisar bernama Yu, Qi, Tai Kang, Zhong Kang, dan lain sebagainya. Era yang di anggap sebagai era Tiongkok mula-mula ini di namakan era pemerintahan Dinasti Xia. Dinasti Xia ada sekitar 2.000 tahun Sebelum Masehi atau 4.000 tahun lalu.

Kini, sistem monarki dan kekaisaran Tiongkok sudah tidak ada lagi dan di ganti dengan sistem pemerintahan republik dengan nama Republik Rakyat Tiongkok. Negara dan pemerintahan di pimpin oleh presiden dan perdana menteri, di mana Beijing di tetapkan sebagai ibu kota.