Manfaat Tidur Setelah Olahraga Langsung Pulihkan Energi

Manfaat Tidur Setelah Olahraga Langsung Pulihkan Energi

Manfaat Tidur Setelah Olahraga Langsung Pulihkan Energi – Olahraga dikenal mampu meningkatkan energi. Itu karena olahraga meningkatkan detak jantung dan aliran darah yang membuat kamu terjaga. Namun, kamu juga bisa merasa lelah setelah berolahraga. Ini sebenarnya merupakan hal yang umum terjadi setelah latihan intensitas tinggi sehingga kamu tidak perlu khawatir. Bagi individu yang memilih untuk berolahraga di sore atau malam hari, mungkin justru merasa ini bermanfaat untuk mempermudah dan meningkatkan kualitas tidur.

images?q=tbn:ANd9GcRLkfPvrMySrPASBA V5K2R0n2SR9bKFo4UDA&usqp=CAU - Manfaat Tidur Setelah Olahraga Langsung Pulihkan Energi

Memulihkan otot lebih cepat

Sisi positif tidur setelah berolahraga adalah mempercepat pemulihan otot. Setelah latihan intensif, otot mengalami kelelahan dan robek, terutama jika kamu sudah lama tidak berolahraga atau menambahkan gerakan baru ke rutinitas yang sudah ada. Tidur menghasilkan kelenjar pituitari yang mendorong hormon pertumbuhan yang membantu memulihkan otot. Cara kerjanya membangun jaringan baru pada otot atau memulihkan jaringan yang telah rusak. Pemulihan otot tidak hanya terjadi melalui tidur siang, tapi juga tidur malam yang panjang.

Memenuhi utang tidur

Utang tidur terjadi ketika kamu tidak cukup tidur. Otak dapat mengingat kualitas tidur. Ketika kamu tidak mendapatkan tidur yang cukup, otak jadi ingin mengejar kekurangan tidur selama siklus tidur berikutnya. Menurut penelitian dalam Biological Research for Nursing, tidur di siang hari merupakan cara yang baik untuk meningkatkan energi dan menutupi utang tidur, khususnya bagi pekerja shift malam.

Mengurangi kelelahan fisik

Rasa mengantuk setelah berolahraga bisa menjadi tanda kelelahan otot. Namun, tidur setelah berolahraga mendorong pemulihan otot sehingga ini dapat mengurangi kelelahan otot, menurut laman Healthline. Dengan begitu, kamu dapat merasa lebih mudah untuk menangani aktivitas lain sepanjang hari apabila tidur setelah berolahraga pagi.

Membantu menurunkan tekanan darah

Melansir dari http://aeacap.org/  di lansir laman Terry Cralle, saat berolahraga, detak jantung kita meningkat dan begitu pula tekanan darah. Tidur yang singkat dan seimbang akan membantu mengendalikan tekanan darah dan detak jantung. Jika kamu ingin tidur setelah olahraga, kamu harus mencoba meminum smoothie dan jus rumahan alih-alih minuman berkafeina tinggi. Sebab, minum kopi bisa membuat kamu lebih sulit tertidur, yang berdampak pada kurangnya tingkat energi.