Lawan Kelelahan 5 Makanan Ini Ampuh Jadi Pembangkit Energi

Lawan Kelelahan 5 Makanan Ini Ampuh Jadi Pembangkit Energi

Lawan Kelelahan 5 Makanan Ini Ampuh Jadi Pembangkit Energi– Tubuh yang lelah selain tidak membuat nyaman, juga dapat menurunkan produktivitas. Kelelahan ini biasa di alami oleh orang-orang yang memiliki jadwal padat, sehingga minim istirahat. Memiliki tidur yang cukup, yakni 7-8 jam sehari, adalah cara paling ampuh untuk “mengobati” kelelahan. Namun, sayangnya karena berbagai alasan, tak semua orang bisa mendapat durasi tidur tersebut atau bisa mendapat tidur yang berkualitas.

 

5dd50cf77de1a - Lawan Kelelahan 5 Makanan Ini Ampuh Jadi Pembangkit Energi

Sayuran berdaun hijau

Melansir dari http://aeacap.org/ selain rendah kalori, sayuran hijau seperti bayam, kale, brokoli, dan selada kaya akan kandungan nutrisi yang bisa memacu stamina. Di antaranya adalah zat besi, kalsium, serat, asam folat, magnesium, vitamin A, C, E, dan K. Menurut Jessica, zat besi dan vitamin C dalam sayuran hijau mampu bekerja secara sinergis untuk mencegah anemia, faktor utama penyebab seseorang kelelahan cobalah untuk lebih banyak mengonsumsi sayuran hijau, baik dalam bentuk sayur bening, smoothie, ataupun dibuat salad.

Ubi jalar

Ternyata, ubi jalar adalah salah satu makanan yang bisa membangkitkan energi, lho. Berdasarkan FoodData Central, 100 gram ubi jalar mentah mengandung karbohidrat (20 gram), serat (3 gram), mangan (0,258 mg), dan berbagai nutrisi penting lain. Menurut Jennifer, ubi jalar merupakan salah satu sumber karbohidrat kompleks yang kaya akan energi. Kandungan seratnya yang tinggi dapat memperlambat laju pencernaan, sehingga bisa menyediakan energi yang lebih stabil dan berkelanjutan.

Pisang

Bukan tanpa alasan, pisang sering di jadikan alternatif sarapan cepat. Buah tersebut juga sering ditambahkan pada menu sarapan lain seperti yoghurt atau oatmeal. Menurut FoodData Central, dalam 100 gram buah pisang, terkandung energi (336 kkal), karbohidrat (78,57 gram), serat (1,8 gram), gula (57,14 gram), zat besi (1,93 mg), vitamin C (2,1 mg), dan nutrisi penting lainnya.

Dark chocolate

Kalau kamu suka yang manis-manis sebagai energy booster, coba deh konsumsi dark chocolate. Melansir Healthline, kandungan kakao pada dark chocolate jumlahnya lebih banyak di bandingkan cokelat biasa atau cokelat susu. Di ketahui, kakao mengandung banyak senyawa antioksidan yang penting bagi kesehatan. Berdasarkan laporan dalam jurnal Turk Kardiyoloji Dernegi Arsivi, senyawa antioksidan pada kakao dapat melancarkan aliran darah.