Kelainan Mental Masih Dianggap Aneh oleh Masyarakat

Kelainan Mental Masih Dianggap Aneh oleh Masyarakat

Kelainan Mental Ini Ternyata Masih Dianggap Aneh oleh Masyarakat

Kelainan Mental Masih Dianggap Aneh oleh Masyarakat – Pernahkah anda menghadapi orang-orang memiliki perilaku atau kebiasaan yang sangat tidak biasa ? apa yang mereka lakukan ini bisa kita katakan sangat aneh dan bertabrakan dengan realitas yang ada, tetapi tidak bisa dikoreksi dan bagi mereka hal tersebut menjadi keyakinan yang absolut.

Ada banyak kelainan mental langka yang gak pernah terdengar atau terpikirkan oleh kebanyakan orang. Kamu juga mungkin pernah melihat beberapa tindakan aneh atau di luar nalar yang dilakukan orang. Beberapa orang Daftar 918Kiss yang gak mengerti akan menganggap mereka gangguan jiwa, tapi sebenarnya mereka hanya menderita kelainan psikologis yang tertentu.

Ada ribuan bentuk kelainan mental atau psikologis, yang mungkin gak pernah kamu dengar. Berikut adalah kelainan mental langka yang cenderung lebih sering ditemukan daripada kelainan lainnya namun kebanyakan orang belum tahu!

1. Body Identity Integrity Disorder (BIID)

Dalam kelainan ini, seseorang merasa bahwa ia akan hidup dengan bahagia ketika mereka diamputasi. Penderitanya biasanya memang memiliki tubuh sehat yang utuh, namun ia merasa ada sendi yang sangat jarang digunakan sehingga ia merasa lebih puas ketika sendi yang “gak berguna” itu diamputasi. Bisa jadi ia sampai ingin mengamputasi semuanya.

2. Sindrom Asperger

Asperger adalah salah satu bentuk autisme tapi berbeda dalam hal kondisi kecerdasan dan fungsi tubuh yang lebih baik. Dalam sindrom ini, seseorang mengalami kesulitan dalam interaksi sosial dan komunikasi non-verbal.

Ia memiliki kesukaan dengan jangka terbatas dan menunjukkan kebiasaan yang repetitif. Kadang kala menunjukkan ketidakmampuan mengerti hal dari sudut pandang orang lain. Biasanya terjadi di laki-laki dengan rasio 4:1 dan biasanya terjadi di usia antara 2 sampai 6 tahun.

3. Kelainan Identitas Disosiatif (Dissociative Identity Disorder)

Lebih dikenal sebagai kelainan kepribadian ganda, kelainan ini adalah kondisi di mana seseorang bertindak seperti banyak karakter orang yang mendiami satu tubuhnya. Ini bukan diadaptasi dari film, tapi ini justru terjadi di kehidupan nyata.

Dalam kelainan ini, seseorang bertindak dan berpikir sebagai orang yang berbeda di kesempatan yang berbeda. Orang “aslinya” gak akan mengingat apa yang ia katakan atau perbuat ketika ia berada di kepribadian yang berbeda. Kelainan ini terjadi karena trauma yang parah atau akibat depresi. Seorang wanita di Amerika Serikat diketahui memiliki 31 kepribadian.

4. Sindrom Olfactory Reference

Pernahkah kamu berpikir bahwa kamu benar-benar bau atau menghasilkan aroma gak sedap, padahal gak begitu. Jika memang begitu, maka kamu menderita kelainan mental yang jarang terjadi yaitu Olfactory Reference Syndrome.

Dalam kelainan ini, seseorang merasa dirinya menghasilkan bau badan yang gak biasa, sampai menyebalkan orang lain. Karena hal ini, penderitanya cenderung merasa malu dan menderita dalam kehidupan sosialnya.

5. Trichotillomania

Sudah sesuatu yang cukup umum, ketika kita gugup maka kita menarik-narik rambut di luar kesadaran. Trichotillomania adalah kelainan mental di mana seseorang begitu inginnya mencabut semua rambut dari tubuhnya.

Rambut kepala, bulu mata, rambut badan dan bahkan rambut kemaluan, penderitanya ingin menyingkirkan semuanya. Mencabut rambut-rambut tersebut memberikan perasaan lega untuk mereka. Kelainan ini menjadi berbahaya ketika penderitanya mulai memakan rambut-rambut tersebut sampai menimbulkan penyakit serius.

Itulah kelainan mental langka yang cenderung lebih sering ditemukan daripada kelainan mental lainnya. Dengan kamu sudah mengetahui beberapa kelainan mental di atas, lain kali kalau kamu melihat seseorang yang melakukan sesuatu aneh, kamu sebaiknya jangan asal menilai, karena jika ia terkena salah satu dari kelainan di atas, kita harus memakluminya dan berusaha menerimanya.