Kategori Petani yang Dapat Bantuan Rp600 Ribu

Kategori Petani yang Dapat Bantuan Rp600 Ribu

Data Petani Kategori Butuh Bantuan

Petani yang Dapat Bantuan – Pemerintah berenca untuk memberikan bantuan para petani miskin sebesar Rp600 ribu. Menteri Koordinator Perekonomian Airlangga Hartanto menyampaikan bantuan tersebut akan diberikan dalam bentuk tunai dan peralatan kebutuhan produksi pertanian.

Baca juga : Tidak Ada Pemasukan Sejak 1 April, PHK Karyawan Pilihan Terakhir AirAsia Indonesia

“Untuk 2,7 juta petani dengan Rp600 ribu rupiah dalam bentuk saprodi (sarana produksi) maupun cash,” kata Airlangga dalam keterangan persnya yang disiarkan langsung di channel YouTube Sekretariat Presiden, Selasa (5/5).

Petani Serabutan

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo menerangkan ada beberapa kategori petani miskin yang bisa mendapatkan bantuan. Salah satunya, petani serabutan.

“Petani miskin yang pertama itu terdiri dari petani serabutan. Kedua, petani yang berstatus petani buruh tani, dan petani penggarap. Mereka ini yang dalam COVID-19 ini terdampak langsung,” ujar Yasin dalam keterangan persnya yang disiarkan langsung d channel YouTube Sekretariat Kabinet RI, Selasa (5/5).

Sarana Produksi

Yasin menyampaikan, bantuan untuk para petani itu akan diberikan dalam bentuk tunai dan sarana produksi. Nantinya, bantuan sarana produksi tersebut akan diberikan dengan nilai Rp300 ribu. Adapun sarana produksi yang akan diberikan seperti pupuk, bibit dan obat-obatan.

“Tentu saja program ini adalah program yang mudah dilakukan, realistis untuk bisa ditanam kemudian live22 hebatbet harus cepat bisa menghasilkan, karena ini untuk membantu pasar,” kata Yasin.

Kementan Tengah Mendata

Untuk data 2,7 juta petani, Yasin mengatakan saat ini masih dalam tahap validasi dan disusun secara berjenjang dari bawah. Hal itu dilakukan agar bantuan dapat diberikan tepat sasaran.

“Mulai dari kelompok tani ke kostra (komando strategi) tani di kecamatan, kemudian dilegalisasi oleh dinas-dinas pertanian kabupaten dan mewakili Bapak Bupati dan Gubernur, dan data ini telah kami ajukan kepada Pak Menko untuk bisa dapatkan alokasi,” jelas dia.

Sumber : idntimes.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *