Jokowi Bebaskan Pajak UMKM Beromzet Kurang dari Rp4,8 Miliar

Jokowi Bebaskan Oajak UMKM Beromzet Kurang dari Rp4,8 Miliar

Bebas Pajak

Jokowi – President Joko Widodo atau jokowi memberikan kebebesan pajak untuk pelaku Usaha mikro, Kecildan Manengah (UMKM) beromzet kurang dari Rp4,8 miliar pada April-September 2020. Hal Tersebut bertujuan untuk meringankan para palaku usaha kecil di tebngah pendemi COVID-19.

Baca juga : Harga Minyak Dunia Turun Kembali

“Insentif perpajakan bagi pelaku UMKM yang omzetnya masih di bawah Rp4,8M per tahun. Saya kira di sini pemerintah telah menurunkan tarif PPh final untuk UMKM dari 0,5 menjadi 0 persen selama periode 6 bulan dimulai dari April sampai September 2020,” jelas Jokowi saat rapat terbatas bersama para menteri terkait Pembahasan Program Mitigasi Dampak Covid-19 Terhadap Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah melalui siaran telekonference di Istana Merdeka, Jakarta Pusat, Rabu (29/4).

Imbauan

Mantan Gubernur DKI Jakarta tersebut imbau para menteri memastikan pelaku usaha UMKM aplikasi idnpoker mobile serta program khusus bagi usaha ultra mikro dan usaha mikro mendapatkan bantuan sosial. Khususnya yang terdampak pada wabah Covid-19.

“Kita harus memastikan mereka ini masuk sebagai bagian dari penerima bansos. Baik itu PKH, paket sembako, bansos tunai, BLT desa maupun pembebasan pengurangan tarif listrik dan kartu pra kerja,” kata Jokowi.

Berikan Relaksasi Kredit

Tidak hanya itu, Jokowi juga meminta agar para menteri untuk berikan relaksasi atau pelonggaran kredit kepada pelaku UMKM baik dengan menunda angsuran maupun memberikan subsidi bunga kepada penerima KUR.

Dia menjelaskan, ada beberapa kementerian yang bisa berikan bantuan untuk pelonggaran kredit. Salah satunya yaitu Kementerian Kelautan maupun Kementerian Pertanian.

“Saya juga minta penundaan angsuran dan subsidi bunga diperluas ke UMKM yang dibantu pemda,” jelas Jokowi.

Sumber : merdeka.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *