Cara Menerima Diri Sendiri atas Kesalahan yang Pernah Kamu Perbuat

Cara Menerima Diri Sendiri atas Kesalahan yang Pernah Kamu Perbuat

Cara Menerima Diri Sendiri atas Kesalahan yang Pernah Kamu Perbuat

Cara Menerima Diri Sendiri atas Kesalahan yang Pernah Kamu Perbuat – Kita pasti pernah melakukan kesalahan. Entah itu yang kadarnya masih bisa dimaafkan, hingga yang bahkan kita sendiri pun gak bisa melupakannya sampai saat ini. Ingatan soal kesalahan-kesalahan besar tersebut akan terus menghantui dan membuat hidup kita gak tentram jika gak segera diatasi.

Caranya, tentu kita harus bisa memaafkan diri sendiri karena telah melakukan kesalahan itu.

1. Mengakui bahwa dirimu melakukan kesalahan tersebut

Salah satu penyebab seseorang masih sering kepikiran dengan kesalahan yang diperbuat adalah karena dia masih menyangkal alias gak mau mengakui pernah melakukan kesalahan tersebut.

Penyangkalan seperti ini justru akan membuat hati nuranimu merasa resah, lho guys. Makanya jangan heran kalau sampai saat ini kamu sering teringat kesalahan itu bahkan hingga ke alam mimpi.

Jadi, langkah pertama yang perlu dilakukan adalah dengan mengakui kesalahan itu pada dirimu sendiri ya. Jangan menyangkalnya.

2. Menyadari bahwa semua orang pernah berbuat salah

Selanjutnya, kita juga perlu menyadari bahwa semua orang pernah berbuat salah. Entah itu kesalahan yang besar ataupun kecil, manusia memang tempatnya melakukan kesalahan.

Jadi, gak usah berlebihan dan merasa bahwa dirimulah satu-satunya yang paling bersalah di dunia ini.

3. Mencari lingkungan yang positif dan selalu mendukung

Agar kamu bisa memaafkan diri sendiri, pada beberapa kejadian mungkin kamu perlu membicarakannya dengan seseorang.

Pasalnya, sebagai seorang makhluk yang lemah tentu kita kadang memerlukan seseorang yang mendukung dan menguatkan kita.

Jadi, carilah lingkungan yang positif, orang-orang yang terus mengarahkanmu untuk maju dan menerima masa lalu pahit dengan hati lapang.

4. Menyalurkan energi negatif yang terpendam

Penyesalan atas kesalahan masa lalu seringkali datang dan mengisi pikiran kita lalu menghasilkan energi negatif yang sebenarnya gak perlu.

Ujung-ujungnya kamu bisa terjebak dalam energi negatif tersebut dan semakin gak bisa move on dengan kesalahan yang pernah diperbuat.

Kalau gak mau ini kejadian, carilah cara yang tepat untuk menyalurkan semua energi negatif tersebut. Entah itu dengan melakukan hobi, bertemu teman-teman lama, me-time berkualitas, dan lain sebagainya.

5. Jalani, nikmati, dan syukuri kehidupanmu saat ini

Setelah kamu berhasil mengakui dan memaafkan kesalahanmu di masa lalu, maka kamu perlu untuk bisa segera menjalani hidup dengan lebih tenang.

Caranya, perbanyak bersyukur dan menikmati setiap momen yang tengah kamu alami. Jangan lupa untuk lebih banyak berbagi sama orang lain juga.

Kesalahan yang kita lakukan, memang punya kadar yang berbeda-beda. Besar kecilnya suatu kesalahan pun berbeda-beda tergantung sudut pandang setiap orang.

Jadi, lakukan lima cara di atas jika sampai saat ini kamu masih sering kepikiran dengan kesalahan yang kamu perbuat.